McTominay

McTominay: Perkembangan Karier Terlambat Jadi Keuntungan

Scott McTominay, gelandang andalan Manchester United, percaya bahwa perkembangan kariernya yang terlambat justru memberikan keuntungan dalam memperpanjang masa aktifnya di dunia sepak bola. McTominay yakin bahwa ia bisa bermain di level tertinggi hingga usia 37 atau 38 tahun, sebagaimana ia ungkapkan dalam sebuah film dokumenter United.

Baca Juga

Mengenang masa-masa awalnya di Manchester United, McTominay mengungkapkan bahwa ia harus berjuang keras untuk bisa bersaing dengan pemain-pemain lain yang sudah matang secara fisik sejak usia muda. “Saya dulu harus berjuang dengan benar, bukan? Itu tidak mudah. Anda mungkin mempunyai pria yang sudah dewasa pada usia 13 atau 14 tahun. Begitu cepatnya hal itu terjadi. Dan saya adalah anak yang baik. Tapi saya selalu membayangkan diri saya menjadi salah satu yang terbaik dalam sesi latihan dan pertandingan,” ujarnya.

Dukungan dari keluarga, terutama ayahnya, sangat berperan penting dalam perjalanan karier McTominay. “Ayah saya tidak memberikan banyak tekanan kepada saya untuk bermain di Man United. Dia hanya bilang kamu menikmatinya, kamu bersenang-senang, aku akan mengajakmu tiga atau empat kali seminggu, tidak masalah – waktuku adalah waktumu,” kenangnya.

McTominay juga membandingkan perkembangan kariernya dengan pemain lain seperti Wayne Rooney dan Michael Owen yang memulai debut di Premier League pada usia yang sangat muda. “Tidak ada cara yang benar atau salah. Anda lihat Wayne Rooney atau Michael Owen bermain di Premier League pada usia 16 atau 17 tahun, namun tubuh mereka membutuhkan lebih banyak waktu di kemudian hari. Saya memulainya pada usia 19 atau 20, sehingga karier saya bisa bertahan lebih lama,” kata McTominay.

Faktor cedera juga menjadi perhatian McTominay dalam menjaga kelangsungan kariernya. “Saya bisa bermain sampai saya berusia 37 atau 38 tahun, mungkin karena cedera,” tambahnya. Ini menunjukkan betapa pentingnya menjaga kondisi fisik agar tetap bisa bersaing di level tertinggi dalam jangka waktu yang lama.

Saat ini, McTominay menjadi salah satu pilar di lini tengah Manchester United, dan keyakinannya untuk tetap bermain hingga usia 38 tahun tentu akan menjadi kabar baik bagi klub dan para penggemar. Dengan komitmen dan kerja kerasnya, McTominay berharap bisa terus memberikan kontribusi maksimal untuk tim selama bertahun-tahun ke depan.

Baca Juga

Inspirasi dari perjalanan karier McTominay ini bisa menjadi pelajaran bagi pemain muda lainnya yang mungkin merasa perkembangan mereka tertinggal. Ketekunan, kerja keras, dan dukungan yang tepat bisa membantu mereka mencapai puncak karier dan bertahan di sana dalam waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *