Marc Márquez : ‘Hari Ini Lebih Baik Dari Hari Kemarin’

Marc Márquez : ‘Hari Ini Lebih Baik Dari Hari Kemarin’

Jakarta – Marc Márquez meninggalkan hari pertama tes MotoGP yang menantang di Sepang, mengumpulkan 72 lap pada hari Rabu ini.

Meski hanya mencatatkan waktu tercepat ke-14 dan belum puas dengan putaran cepatnya, pebalap Gresini itu merasa mengalami kemajuan dalam adaptasi.

Pembalap asal Spanyol ini mengatakan bahwa ia senang dengan hari ini, namun mengakui bahwa ia masih kesulitan dengan serangan waktu:

“Hari ini jauh lebih baik dibandingkan kemarin. Hari ini saya merasa lebih baik, saya bisa melakukan lebih banyak putaran – bahkan mungkin terlalu banyak, karena 72 putaran di Malaysia mungkin terlalu banyak; Saya tidak tahu bagaimana jadinya saya besok.”

Baca Juga : Pedro Acosta : ‘Saya Senang Mencoba Komponen Baru’

“Tapi hari ini saya merasa seperti ini dan bahkan di penghujung hari, ketika saya punya ban untuk serangan waktu, saya memutuskan untuk melakukan 10 lap – balapan Sprint – karena saya merasa perlu bagi diri saya sendiri untuk memahami motor ini dengan lebih banyak putaran berturut-turut.”

“Faktanya, selama balapan Sprint saya memulai dengan lebih lambat dan pada akhirnya menjadi lebih cepat. Itu berarti saya lebih memahami motor putaran demi putaran. Saya masih kesulitan dalam hal serangan waktu – di situlah saya lebih kesulitan karena paling sulit bagi pengendara untuk memahami cara menggunakan ban baru.”

“Karena untuk kecepatan dengan ban bekas, Anda punya banyak lap, sekitar 15 lap. Namun untuk serangan waktu Anda hanya memiliki dua putaran dan setelah dua jam Anda memiliki dua putaran lagi untuk serangan waktu. Jadi di situlah saya masih perlu memahami cara menggunakan ban. Selain itu, saya senang dengan bagaimana hari ini berjalan”.

Pada titik ini, Márquez menyatakan bahwa meskipun ia belum berada dalam harmoni yang sempurna dengan motornya, ia terus beradaptasi dan membutuhkan jarak tempuh yang lebih jauh: ‘Saya masih sedikit kaku dengan motornya, tapi hari ini saya mulai sedikit menikmatinya dan itu adalah alasan utama untuk melakukan 10 lap berturut-turut – untuk mencoba memahami lebih baik. Karena kalau melakukan time attack hanya dua lap saja dan belum banyak paham. Saat ini saya butuh putaran, putaran. Mungkin hari ini saya melakukan terlalu banyak karena besok saya akan merasakannya, tapi okelah’.

Di sisi lain, #93 menjelaskan bahwa ban belakang digunakan dengan cara yang sangat berbeda dalam kasus Ducati, dan dia masih perlu menghilangkan naluri berkendara seolah-olah itu adalah motor lamanya: ‘Ini benar-benar berbeda. cara menggunakan ban belakang. Oleh karena itu saya masih mengendarai Ducati seperti Honda.

“Di Valencia baik-baik saja, tapi tidak di sini. Dan sekarang saya perlu menghilangkan kebiasaan 11 tahun dengan satu sepeda. Ini sulit. Terutama ketika Anda berada dalam ritme, itu lebih mudah karena Anda memiliki lebih banyak waktu, tetapi ketika Anda berada dalam serangan waktu, Anda tidak berpikir – Anda melakukannya berdasarkan naluri. Dan jika saya berkendara berdasarkan insting, saya berkendara seperti Honda. Tapi itu bukan cara terbaik untuk mengendarai motor ini. Jadi, selangkah demi selangkah, ini adalah sebuah proses”.

Mengenai setting yang dia gunakan pada Ducati Desmosedici GP23 miliknya, Márquez menyatakan: “”Saya menggunakan setting yang sangat standar dari pembalap Ducati lainnya karena saya tidak ingin tersesat; Saya tidak ingin melanjutkan ke pengaturan lainnya. Karena itu adalah setup yang saya mulai kemarin dan hari ini bekerja lebih baik, yang berarti saya memahami motornya dengan lebih baik.”

“Dan di sanalah saya masih perlu memahami dan bagaimana saya berkendara. Kami sedang mencoba beberapa hal. Teknisi saya juga mencoba memahami gaya berkendara saya. Kami melakukan beberapa perubahan besar pada motor hari ini – ada yang positif, ada yang negatif. Namun pada akhirnya kami berkendara dengan pengaturan yang sangat standar”.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *